Buku yang menarik , mengajarkan cara menggunakan uang secara bijak, jadi dapat banyak insight insight di buku ini.

Berikut adalah beberapa poin penting dari buku Psychology of Money:

    • Emosi dapat memengaruhi keputusan keuangan kita secara negatif. Ketika kita membuat keputusan keuangan, kita sering kali didorong oleh emosi, seperti ketakutan, keserakahan, atau amarah. Hal ini dapat membuat kita mengambil keputusan yang tidak rasional.
    • Kita cenderung mengabaikan risiko yang tidak terlihat. Kita cenderung lebih memperhatikan risiko yang jelas dan nyata, seperti risiko kehilangan pekerjaan atau sakit. Namun, kita sering kali mengabaikan risiko yang tidak terlihat, seperti risiko inflasi atau penurunan nilai saham.
    • Kita sering kali terlalu percaya diri. Kita sering kali percaya bahwa kita dapat mengalahkan pasar atau mendapatkan keuntungan besar dari investasi. Namun, kenyataannya, sebagian besar orang tidak dapat melakukannya.
    • Penting untuk memiliki rencana keuangan dan disiplin dalam menjalankannya. Rencana keuangan dapat membantu kita untuk tetap fokus pada tujuan keuangan kita. Disiplin dalam menjalankan rencana keuangan dapat membantu kita untuk mencapai tujuan tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh spesifik penerapan prinsip-prinsip dalam buku Psychology of Money dalam kehidupan sehari-hari:

  • Saat Anda mendapatkan kenaikan gaji, jangan langsung meningkatkan gaya hidup Anda. Sebaliknya, gunakan kenaikan gaji Anda untuk meningkatkan tabungan atau investasi Anda.
  • Saat Anda menghadapi tagihan yang tidak terduga, jangan panik. Cobalah untuk membuat anggaran baru untuk mengatasi tagihan tersebut. Anda juga dapat mencoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk menutupi tagihan tersebut.
  • Saat Anda membuat keputusan keuangan yang besar, seperti membeli rumah atau mobil, pastikan untuk mempertimbangkan semua faktor, termasuk biaya jangka panjang dan kemampuan Anda untuk membayar biaya tersebut. Jangan hanya membuat keputusan berdasarkan emosi.
  • Saat Anda merasa tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan, tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut. Jika jawabannya tidak, maka jangan membeli barang tersebut.
  • Saat Anda membuat anggaran, pastikan untuk memasukkan pos untuk tabungan dan investasi. Tabungan dan investasi akan membantu Anda untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang Anda.

Discover more from Susiloharjo

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading